Peduli Kelud, BPJS Tenaga Kerja Donasi Rp. 300 Juta

KEDIRI - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan yang dulu PT. Jamsostek (Persero) mengucurkan dana Rp 300 juta untuk korban erupsi Gunung Kelud di Wilayah Kediri dan Malang. Sebagian besar bantuan diwujudkan dalam bentuk barang seperti semen, pipa paralon, renovasi tempat ibadah, fasilitas umum dan sebagian bantuan bahan pokok.
Rizani Usman, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jawa Timur mengatakan bantuan ke pengungsi erupsi Kelud ini merupakan bentuk kepedulian BPJS Ketenagakerjaan sekaligus aplikasi dari bagian CSR yang rutin diberikan. “Tidak ada alokasi khusus untuk jumlah dana CSR, bergantung situasi. Tahun lalu dana CSR yang disalurkan sebesar Rp 2 miliar,” katanya, usai serah terima donasi BPJS Ketenagakerjaan kepada Bupati Kediri dr. Hj. Hariyanti Soetrisno di Wisma Tamu Kabupaten, Sabtu (1/3/14).
Lebih lanjut Rizani Usman didampingi Bhakti Mahendra Putra, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kediri menambahkan kenapa dipilihnya bentuk barang yang non makanan, karena yang paling banyak dibutuhkan saat ini oleh para korban erupsi Kelud khususnya wilayah yang paling parah.
“Untuk bahan pokok dan makanan mungkin sudah banyak yang nyumbang. Makanya BPJS Ketenagakerjaan fokus di bahan material untuk renovasi rumah korban yang hancur dan tidak bisa ditempati,” jelasnya. Menurut data, jelas Rizani cukup banyak rumah di area kurang dari 5 km dari Kelud yang rusak parah dan tidak bisa ditempati. Karenanya perlu bantuan material untuk membangun kembali rumah mereka sehingga layak huni.
“Terlepas dari pemerintah propinsi akan ada rehabilitasi rumah korban, BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan sepenuhnya bantuan CSR ini kepada Bupati Kediri dan Bupati Malang,” ujar Rizani. Kakanwil Rizani Usman merinci, bantuan Rp 300 juta, masing–masing untuk Kabupaten Kediri sebesar Rp 200 juta dan Rp 100 juta untuk Kabupaten Malang. Khusus untuk kabupaten Kediri Rp 175 juta diwujudkan bentuk material bangunan dan bahan pokok, sisanya Rp 25 juta untuk pembersihan sarana jalan dan fasilitas umum serta tempat ibadah.
“Meski erupsi Kelud sudah lama, masih banyak abu vulkanik yang berserakan. Itulah yang akan dibersihkan oleh BPJS Ketengakerjaan melibatkan banyak orang untuk padat karya,” katanya. Sementara itu, Bupati Kediri dr. Hj. Hariyanti Soetrisno mengatakan sangat berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan atas sumbangan bagi korban bencana. Pastinya sangat membantu karena banyak rumah korban yang perlu bantuan.” Katanya sesaat menerima donasi simbolis dari BPJS Ketenagakerjaan dan rombongan.
Bupati pun menegaskan sesuai saran gubernur, bantuan material bangunan untuk saat ini paling banyak dibutuhkan. Karenanya atas kepedulian  BPJS Ketenagakerjaan mengalokasikan dana CSR dalam bentuk bahan bangunan, menurut orang nomer satu di Pemerintahan Kabupaten Kediri, sesuai dengan rencana tim Satklak Tanggap Bencana. “Tentu saja banyak korban dari erupsi Kelud, merupakan anggota BPJS Ketenagakerjaan, dan sewajarnya jika mereka juga berhak mendapat bantuan. Yang pasti, akan segera kami realisasikan agar kondisi kabupaten segera kembali normal,” jelas Bupati Kediri.
0 Komentar untuk "Peduli Kelud, BPJS Tenaga Kerja Donasi Rp. 300 Juta"

Back To Top