BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Perak Dorong Mitra "Go-Life" Lindungi Pekerja

Pelaksanaan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak Surabaya kepada Mitra "Go Life" Surabaya. Selasa (30/8) (istimewa)
 
Surabaya (Antara Jatim) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Tanjung Perak Surabaya mendorong kepada mitra kerja "Go-Life" (jasa layanan kerja) ikut program BPJS Ketenagakerjaan demi melindungi pekerja saat beraktivitas.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Perak Poedji Santoso mengatakan edukasi program jaminan sosial ini sangat penting untuk mengubah pola pikir masyarakat yang cenderung menganggap sepele risiko kerja.

"'Go-Jek' lewat bendera 'Go-Life', membuat berbagai layanan kerja di sektor informal, seperti pembersih, pemijat, dan penyedia jasa kecantikan yang dinamakan 'Go-Massage', 'Go-Clean' dan 'Go-Glam' sadar akan risiko pekerjaan yang mereka lakukan," katanya di Surabaya, Selasa. 

Ia mengemukakan, para mitra kerja itu sadar bila kerja di sektor informal cukup berisiko kecelakaan dan langsung minta perlindungan sosial atau daftar jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Perak.

"Di antara mereka mengaku sadar akan risiko kerja yang mereka jalani. Meski sudah cukup berhati-hati, bisa saja pada saat melayani pelanggan terjadi kecelakaan kerja pada saat berangkat menuju tempat order, di tempat kerja sampai pulang menuju rumah kembali," katanya.

Ia mengatakan, mitra kerja itu juga khawatir bila kecelakaan itu sampai membuatnya luka parah, cacat, tidak bisa bekerja lagi, bahkan sampai meninggal dunia.

"Karena itu, para pekerja informal atau BPU (Bukan Penerima Upah) ini langsung daftar dua program BPJS Ketenagakerjaan yang diwajibkan bagi mereka, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK), bahkan banyak juga yang menambah program Jaminan Hari Tua (JHT)," katanya dalam siaran pers.

Ia mengatakan, edukasi sekaligus sosialisasi bagi mitra Go-Life di Surabaya ini baru pertama kali dilakukan dan diikuti sekitar 50 orang. 

"Kegiatan ini akan kembali dilakukan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Perak, karena jumlah mitra 'Go-Life' dan pengemudi 'Go-Jek' Surabaya ada ribuan," katanya.

Supervisor "Go-Life" Surabaya, Tito Febrian, mengatakan, mitra "Go-Life" Surabaya hingga sekarang tercatat sekitar 130 orang dan ada yang cuma sampingan (juga kerja di perusahaan lain), ada yang sambi kuliah.

"Kami berharap seluruh pengemudi 'Go-Life' di Surabaya ini juga mendapat jaminan sosial, terdaftar sebagai peserta BPU BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Perak," katanya.(*)

Editor: Edy M Yakub
COPYRIGHT © ANTARA 2016
0 Komentar untuk "BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Perak Dorong Mitra "Go-Life" Lindungi Pekerja"

Back To Top